PERILAKU TERPUJI TOBAT dan ROJA
Standar
Kompetensi:
4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi
Dasar:
4.1 Menjelaskan
pengertian taubat dan raja`.
4.2 Menampilkan
contoh-contoh perilaku taubat dan raja`.
4.3 Membiasakan
perilaku bertaubat dan raja` dalam kehidupan sehari hari.
Indikator:
1. Mampu menjelaskan pengertian taubat
2. Mampu menjelaskan pengertian raja’
Nilai BKB: Rasa
ingin tahu
3. Mampu menun jukkan contoh-contoh perilaku taubat
4. Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’
Nilai BKB: Kreatif
5. Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan
sehari-hari.
Nilai BKB:
Religius
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah prosess pembelajaran peserta
didik diharapkan::
1.
Mampu menjelaskan
pengertian taubat
2.
Mampu menjelaskan
pengertian raja’
3.
Mampu menunjukkan
contoh-contoh perilaku taubat
4.
Mampu menunjukkan
contoh-contoh perilaku raja’
5. Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan
sehari-hari.
B.
Materi Pembelajaran:
Taubat dan Raja’ :
1.
Pengertian taubat
adalah sikap sabar dan menyesal terhadap dosa (perbuatan yang salah atau jahat)
serta berniat untuk memperbaiki tingkah laku dan perbuatan dosa tersebut.
Syarat tobat diantaranya:
a.
dilakukan seketika
itu juga
b.
dilakukan dalam keadaan
tidak mempunyai tanggungan hal orang lain
c.
merupakan taubat
nasuha (sungguh-sungguh)
d.
disertai pengakuan
dan kesadaran bahwa manusia sangat membutuhkan ampunan Allah swt
e.
diikuti dengan
perbuatan baik
f.
berjanji untuk
tidak mengulangi perbuatan dosa tersebut
2.
Pengertian raja’
adalah sikap mengharap rida, rahmat dan pertolongan Allah serta yakin bahwa
hal ini dapat diraih.
3.
Contoh perilaku taubat
4.
Contoh perilaku raja’
5. Pembiasaan Taubat dan Raja’ dalam kehidupan sehari-hari.
C. Metode
Pembelajaran
Card sort, tanya jawab, penugasan,
diskusi, demonstrasi
D. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 2 x 45 Menit)
Tatap Muka:
1.
Kegiatan Awal ( 15 Menit )
- Tadarrus Al-Qur’an
- Guru memberikan motivasi dan appersepsi mengenai materi pelajaran
- Guru menjelaskan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator-indikator ketercapaian, metode pembelajaran dan buku-buku penunjang.
- Guru mengatur tempat duduk berbentuk U atau setengah lingkaran
- Peserta didik memperhatikan penjelasan dengan seksama dan kemudian mengatur tempat duduk masing-masing.
2.
Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi:
- Guru menciptakan iklim keterlibatan dengan cara menceritakan pengalaman pribadi atau orang lain yang berhubungan dengan taubat dan raja’.
- Guru mengekspos problem "Apakah Anda pernah berbuat dosa?” “Tindakan apa yang dilakukan setelah melakukan perbuatan dosa”?
Elaborasi:
- Peserta didik menuliskan salah satu nilai (sikap) yang paling berkesan beserta tindakan alternatifnya ke dalam selembar kartu (tanpa diberi nama)
- Guru mengambil kartu dan menukarnya secara acak
- Guru meminta beberapa peserta didik memberikan komentar atas nilai pribadi dan tindakan alternatif yang dipilih oleh temannya.
- Peserta didik memberikan pendapatnya dan berdiskusi
Konfirmasi:
- Guru memberikan kesempatan tanya jawab
3.
Kegiatan Penutup (25 Menit)
- Guru meminta peserta didik membuat kesimpulan pengertian taubat dan raja’.
- Guru meminta peserta didik merenungkan sikap yang telah diidentifikasinya dan membuat komitmen terhadap tindakan alternatif yang telah mereka tawarkan sendiri.
- Guru menekankan pentingnya taubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari.
Pertemuan kedua ( 2 x 45 Menit)
Tatap Muka:
1. Kegiatan Awal:
a.
Tadarrus Al-Qur’an
b.
Guru memberikan
motivasi dan appersepsi mengenai materi pelajaran
c.
Guru menjelaskan
standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator-indikator ketercapaian, metode
pembelajaran dan buku-buku penunjang.
2.
Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi:
a.
Semua peserta didik berada di dalam mesjid sekolah untuk
melakukan muhasabah.
b.
Setiap peserta didik diminta untuk menuliskan berbagai
kesalahan yang pernah dilakukannya.
Elaborasi:
c.
Guru berusaha mengajak emosi peserta didik untuk menyadari
terhadap berbagai kesalahan yang pernah dilakukannya.
d.
Peserta didik bersama-sama bertaubat dengan beristigfar dan
bersujud sambil mengingat berbagai kesalahannya.
e.
Metode yang digunakan yaitu ESQ.
3.
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Guru
meminta peserta didik merenungkan kegiatan yang baru dilakukannya.
E. Sumber Belajar:
1.
Al Quran dan terjemahnya
2.
Buku PAI kelas XI karangan Syamsuri Penerbit Erlangga, hal.
38-45.
3.
Buku-Buku Akhlaq
4.
Pengalaman guru
5.
Pengalaman peserta didik
6.
Buku-buku penunjang
F.
Penilaian
Non
tes berupa pengamatan terhadap aktivitas peserta didik dalam berdiskusi dan
muhasabah.
Tugas Terstruktur:
Peserta didik
menuliskan 3 hal yang menjadi harapannya dalam lima tahun ke depan dan usaha
apa saja yang telah dilakukannya untuk mewujudkan harapannya itu?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar