Materi

PERILAKU  TERPUJI  TOBAT dan ROJA


Standar Kompetensi:
4.  Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar:
4.1  Menjelaskan pengertian taubat dan raja`.
4.2  Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja`.
4.3  Membiasakan perilaku bertaubat dan raja` dalam kehidupan sehari hari.

Indikator:
1.       Mampu menjelaskan pengertian taubat
2.       Mampu menjelaskan pengertian raja’
Nilai BKB: Rasa ingin tahu
3.       Mampu menun jukkan contoh-contoh perilaku taubat
4.       Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’
Nilai BKB: Kreatif
5.       Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari.
Nilai BKB: Religius

A.       Tujuan Pembelajaran
Setelah prosess pembelajaran peserta didik diharapkan::
1.       Mampu menjelaskan pengertian taubat
2.       Mampu menjelaskan pengertian raja’
3.       Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku taubat
4.       Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’
5.       Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari.

B.        Materi Pembelajaran:
Taubat dan Raja’ :
1.       Pengertian taubat adalah sikap sabar dan menyesal terhadap dosa (perbuatan yang salah atau jahat) serta berniat untuk memperbaiki tingkah laku dan perbuatan dosa tersebut. Syarat tobat diantaranya:
a.       dilakukan seketika itu juga
b.      dilakukan dalam keadaan tidak mempunyai tanggungan hal orang lain
c.       merupakan taubat nasuha (sungguh-sungguh)
d.      disertai pengakuan dan kesadaran bahwa manusia sangat membutuhkan ampunan Allah swt
e.      diikuti dengan perbuatan baik
f.        berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan dosa tersebut
2.       Pengertian raja’ adalah sikap mengharap rida, rahmat dan pertolongan Allah serta yakin bahwa hal  ini dapat diraih.
3.       Contoh perilaku taubat
4.       Contoh perilaku raja’
5.       Pembiasaan Taubat dan Raja’ dalam kehidupan sehari-hari.

C.      Metode Pembelajaran
Card sort, tanya jawab, penugasan, diskusi, demonstrasi

D.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 2 x 45 Menit)
Tatap Muka:
1.       Kegiatan Awal ( 15 Menit )
  1. Tadarrus Al-Qur’an
  2. Guru memberikan motivasi dan appersepsi mengenai materi pelajaran
  3. Guru menjelaskan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator-indikator ketercapaian, metode pembelajaran dan buku-buku penunjang.
  4. Guru mengatur tempat duduk berbentuk U atau setengah lingkaran
  5. Peserta didik memperhatikan penjelasan dengan seksama dan kemudian mengatur tempat duduk masing-masing.
2.       Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi:
  1. Guru menciptakan iklim keterlibatan dengan cara menceritakan pengalaman pribadi atau orang lain yang berhubungan dengan taubat dan raja’.
  2. Guru mengekspos problem "Apakah Anda pernah berbuat dosa?” “Tindakan apa yang dilakukan setelah melakukan perbuatan dosa”?
Elaborasi:
  1. Peserta didik menuliskan salah satu nilai (sikap) yang paling berkesan beserta tindakan alternatifnya ke dalam selembar kartu (tanpa diberi nama)
  2. Guru mengambil kartu dan menukarnya secara acak
  3. Guru meminta beberapa peserta didik memberikan komentar atas nilai pribadi dan tindakan alternatif yang dipilih oleh temannya.
  4. Peserta didik memberikan pendapatnya dan berdiskusi
Konfirmasi:
  1. Guru memberikan kesempatan tanya jawab
3.       Kegiatan Penutup (25 Menit)
  1. Guru meminta peserta didik membuat kesimpulan pengertian taubat dan raja’.
  2. Guru meminta peserta didik merenungkan sikap yang telah diidentifikasinya dan membuat komitmen terhadap tindakan alternatif yang telah mereka tawarkan sendiri.
  3. Guru menekankan pentingnya taubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari.

Pertemuan kedua ( 2 x 45 Menit)
Tatap Muka:
1. Kegiatan Awal:
a.     Tadarrus Al-Qur’an
b.    Guru memberikan motivasi dan appersepsi mengenai materi pelajaran
c.     Guru menjelaskan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator-indikator ketercapaian, metode pembelajaran dan buku-buku penunjang.
2.       Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi:
a.       Semua peserta didik berada di dalam mesjid sekolah untuk melakukan muhasabah.
b.      Setiap peserta didik diminta untuk menuliskan berbagai kesalahan yang pernah dilakukannya.
Elaborasi:
c.       Guru berusaha mengajak emosi peserta didik untuk menyadari terhadap berbagai kesalahan yang pernah dilakukannya.
d.      Peserta didik bersama-sama bertaubat dengan beristigfar dan bersujud sambil mengingat berbagai kesalahannya.
e.      Metode yang digunakan yaitu ESQ.
3.       Kegiatan Penutup (15 Menit)
Guru meminta peserta didik merenungkan kegiatan yang baru dilakukannya.

E.       Sumber Belajar:
1.       Al Quran dan terjemahnya
2.       Buku PAI kelas XI karangan Syamsuri Penerbit Erlangga, hal. 38-45.
3.       Buku-Buku Akhlaq
4.       Pengalaman guru
5.       Pengalaman peserta didik
6.       Buku-buku penunjang

F.       Penilaian
Non tes berupa pengamatan terhadap aktivitas peserta didik dalam berdiskusi dan muhasabah.
Tugas Terstruktur:
Peserta didik menuliskan 3 hal yang menjadi harapannya dalam lima tahun ke depan dan usaha apa saja yang telah dilakukannya untuk mewujudkan harapannya itu?
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar